Awalan Seorang Blogger

on Rabu, 09 Maret 2011

Setelah beberapa hari jadi juga deh ini Blogger,,,
Ngomong-ngomong tentang postingan pertama, kali ini saya ingin memberikan sedikit tips awal tentang seorang Blogger pemula  yang baik. sebenarnya bukan hanya untuk teman-teman semua saja postingan ini, tapi juga untuk diri kusendiri. Karena sebagai Blogger pemula tentunya butuh motivasi dan kiat-kiat untuk bersemangat menulis postingan secara rutin.
Karena sudah di ketahui oleh khalayak umum, kalau membuat blog itu mudah, tapi yang sulit itu merawatnya.


Ya sudahlah, malah sampai kemana-mana nih gak jelas alurnya, kembali ke awal tadi tentang tips awal seorang blogger  yang saya rangkum dari beberapa sumber.

1. Berani Menulis
Blog merupakan media yang konten utamanya adalah tulisan, kata-kata, atau kalimat. sehingga sebagai seorang blogger kita harus sering menulis untuk mengisi blog kita. Kadang ada beberapa blogger yang takut atau malu untuk menulis, tak punya keberanian untuk menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan. Ada banyak hal yang bisa kita tulis untuk mengisi blog kita, diantaranya pengalaman pribadi (diary) tentang pengalaman hidup, berita-berita yang baru terjadi, Berbagi Ilmu (bisa Tutorial atau yang lainnya), atau juga iklan produk, semua itu tergantung para blogger. pokoknya semua hal yang kita alami, dengar, rasakan, yang kita tahu bisa kita tulis dalam blog.

2. Pelan Tapi Pasti
Banyak para blogger pemula yang awal-awalnya dalam melakukan kegiatan blogging bersemangat sekali, tetapi beberapa hari, atau minggu, atau bulan mereka sudah malas untuk melakukan kegiatan blogging karena berbagai alasan yang bermacam-macam. Mulai dari rasa bosan, blogger yang jarang dicomment atau dikunjungi orang lain. Hal ini muncul karena mereka tidak mau mengikuti proses yang ada secara pelan perlahan. Banyak para blogger terkenal yang pada awalnya mereka juga melewati hal-hal yang tidak mudah seperti para blogger pemula pada umumnya. Tetapi karena melewati proses demi proses yang lama kelamaan mereka menuju ke titik yang lebih baik yang membuat mereka menjadi seorang penulis sukses, desainer sukses dan sebagainya. Sehingga dari pelan-pelan lah mereka bisa menjadi para blogger yang sukses.

3. Pantangan untuk Mengcopy paste
Tak jarang pula para blogger yang menjiplak tulisan blogger lain, mereka tak ambil pusing dengan hal itu. Bahkan banyak diantara mereka yang mengcopy paste seutuhnya, tanpa ada editan disana-sini. Sehingga jika disamakan dengan Blogger aslinya (yang di copy) sama persis seutuhnya. Sebenranya hal seperti itu (mengcopy paste) sah-sah saja asal mereka mau mencantumkan nama penulisnya , atau memberikan link kesumbernya, sehingga diantara para blogger tidak ada yang di rugikan satu sama yang lainnya. karena bila kita mengcopy seutuhnya tulisan seseorang tanpa mencantumkan nama penulisnya atau mencantumkan link ke sumbernya, berarti kita tidak menghargai karya orang lain.

4. Ambil dari diri sendiri
Sebagai seorang blogger tentunya kita ingin bisa tetap eksis di dunia blogging dengan tidak kesulitan memikirkan apa yang harus kita bagikan jika kita tidak memiliki hal tersebut. Maka itu lihatlah dirimu sendiri apa yang dapat kamu bagikan untuk orang lain. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membagikan informasi yang sebenarnya kamu sendiri tidak tahu menahu tentang apa yang kamu bagikan itu. Mungkin saja kamu bisa membagikan Ilmu yang yang pernah kamu pelajari atau ilmu yang kamu kuasai, jika hal itu memang tidak ada, kamu juga tidak perlu memaksainnya, kamu bisa menjadi perpanjang ilmu tersebut sehingga orang yang tidak tahu menjadi tahu.

5. Bertekad menjadi seorang Guru
Ini sangat penting bahwa seseoarang dikatakan blogger yang baik atau sejati dalah mereka yang dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Dengan blognya ia dapat memberikan info yang mendidik, tips-tips yang diperlukan, dapat menghibur pengunjung. Karena ada juga blogger yang merusak masyarakat atau tidak bermanfaat untuk orang banyak, misal saja memposting gambar-gambar atau video bugil, ada juga menyebarkan permusuhan lewat tulisan yang menyinggung bahkan menjelek-jelekkan Agama atau Adat lain.

Artikel Lainnya :



0 komentar:

Posting Komentar